Assalamua’laikum
wr.. wb…
Hai. . hai..
semuanya. Jumpa lagi ni dengan saya, masih dengan berita yang sama, yang masih
hangat-hangatnya yaitu about mendeley. Di postingan saya yang sebelumnya, saya
udah bagiin buat sobat-sobat semua tentang bagaimana cara menginstal mendeley dan cara registernya. Nah, di kesempatan kali ini, saya atas nama Endah
Oktavia dengan ini menyatakan bahwa mendeley harus dihapuskan karena.. #eehh
bukan, bukan.. fokus endah fokus,. Maksudnya saya akan bagiin buat teman-teman
semua bagaimana cara menggunakan mendeley. Gak sulit kok cara
mengoperasikannya, yang penting itu kita harus banyakin latiannya. Yaudah deh
kita mulai aja ya daripada dengerin hal-hal yang kaga penting kegini, haha.
.check it out.
Yang utama itu,
kalian pastikan dulu bahwa kalian telah menginstall aplikasi mendeley-nya. Bagi
teman-teman yang belum memiliki atau belum mengetahui cara install mendeley,
kunjungi aja link ini.
Langkah 1:
Bukalah
aplikasi desktop mendeley kalian, maka akan muncul tampilan seperti ini.
Ini cuma
sebagai catatan kecil aja bagi teman-teman semua. Mendeley itu
terdiri dari 3 bagian. Di mana:
1.
Data : berisikan berbagai data atau folder data kalian beserta
data favorite yang telah kalian input sebelumnya.
2.
Tampilan : monitornya data kalian alias data
perfolder yang telah di input akan ditampilin di sini.
3.
Metadata : rincian dari setiap data kalian
Bagian pada gambar di atas masih polos alias kosongkan?
Itu artinya belum ada data ataupun dokumen yang kita input.
Langkah 2:
Supaya aplikasi mendeley-nya terhubung dengan ms.word,
kalian harus menginstall-nya terlebih dahulu. Caranya, buka menu tools yang
ada pada mendeley kalian kemudian klik pada tulisan install ms word plugin.
Maka pada tampilan menu ms.word kalian akan muncul insert
cititation mendeley.
Langkah 3:
Buatlah sebuah folder baru, supaya memudahkan kita dalam
pengelompokan data dengan cara memilih opsi create folder.
Kemudian, masukkan file-file seperti jurnal-jurnal,
e-book, ataupun referensi lainnya yang berupa .docx atau .pdf. Cara memasukkan
file atau data klik add files.
Langkah 4:
Pilihlah salah satu jurnal atau e-book yang ingin
dijadikan referensi, kemudian lengkapi data pada metadata-nya sesuai dengan isi
jurnal kalian. Contoh: menambahkan nama author, type dokumennya, judul, volume,
dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar suatu data yang akan dijadikan referensi
menjadi lengkap dan akan muncul secara lengkap juga di kertas kerja kalian.
Langkah 5:
Setelah selesai melakukan keempat langkah di atas, hal
yang paling kita tunggu-tunggu ni, yaitu membuat daftar pustaka atau footnote
atau menginsert kutipan dari paper orang lain secara otomatis. Caranya,
pertama-tama bukalah ms.word kemudian pilih dan klik insert
cititation –yang ada gambar mendeleynya– yang ada pada menu references.
Kemudian halaman ms.word kalian akan beralih ke mendeley.
Kedua, blog-lah suatu kalimat pada jurnal yang telah
kalian buka di mendeley, lalu klik cite, maka pasti muncul di word,
tinggal paste saja.
Ketiga, ketiklah suatu tulisan di ms.word kalian seperti
“daftar pustaka” di bawah hasil tadi, kemudian klik insert bibliography yang
tepat berada di samping insert cititation. Maka dengan sendirinya (otomatis)
daftar pustaka akan muncul. Style daftar pustakanya bisa kalian pilih sesuka
hati ya di style –di atas tulisan insert bibliography–.
–END–
Gimana sahabat blogger?? Gampang atau sulit?? Jawabannya
ada di diri kalian masing-masing, apabila kita sering melakukan hal itu, akan
terasa gampang dan mudah banget kok. Oia, ini ada sedikit informasi buat
teman-teman semua, mungkin bagi yang belum tahu khususnya. Mendeley memiliki
satu kelebihan (menurut saya) yaitu mampu mengetahui dokumen-dokumen yang sama
walaupun memiliki judul yang berbeda. Jadi, mendeley tidak akan menyimpan data
yang sama.
Ok cukup sekian dulu yang teman-teman, udah lelah banget
ni. Sampai jumpa di postingan-postingan saya yang lainnya ya,, bye..bye..
Wassalamua’laikum wr.. wb...
0 komentar:
Posting Komentar